Visi SMA I TS

Terwujudnya Warga Sekolah Yang Beriman Teguh, Berpengetahuan Luas, Berjiwa Mandiri dan Berakhlakul Karimah

Selasa, 06 November 2012

Menulis PTK


Menulis   PTK  [Penelitian Tindakan Kelas ] Untuk meningkatan pembelajaran bagi Siswa

Judul   buku        : Ayo   Praktik   PTK
Pengarang           : Saminanto [dosen program matematika IAIN Semarang]
Tahun terbit         : 2010
Cetakan ke         : 1
Penerbit              : RasaiL
        
      Penelitian tindakan kelas sangat penting dibuat oleh seorang guru untuk mengetahui perkembangan proses pembelajaran di kelas dan untuk mengetahui kelemahan guru dan sisiwa dalam proses pembelajaran.Buku Ayo praktik PTK ini berisikan beberapa macam pendekatan dalam pembelajaran  agar siswa lebih mudah dalam memahami materi yang disampaikan  , mengingat guru bukanlah orang yang paling dominan dalam kegiatan belajar –mengajar di kelas namun sebagai fasilitator dalam kegiatan belajar- mengajar tersebut.
      Pendekatan atau model pendekatan yang dimaksud adalah :jigsaw,student team achievement,mind maping,cari pasangan,coopratve cript,pikir bareng ,kepala bernomor,kepala bernomor struktur,gelindingan salju,berbasis masalah, artikulasi,bermain peran,picture and picture,pengajuan soal,problem solving.
        Penulis  merefleksikan tulisannya pada saat pembimbingan baik itu langsung kepada guru di lapangan  dan diharapkan mampu memberikan jawaban  bagi guru bahwa ada yang beranggapan Bahwa ptk itu sulit. Melalui buku ini penulis rasanya ingin mengajak kepada pembaca untuk langsungMengadakan penelitian kelas dan mempraktikkan menyusun ptk.Karena buku ini memberikan petunjuk secara praktis mulai dari membuat proposal ptk sampai dengan menyajikan laporannya.
       Buku ini selain memberikan bimbingan langsung untuk praktik, juga dilengkapi pendukung PTK  [teori dan model model pembelajaran ], contoh-contoh judul PTK, contoh proposal dan laporan PTK  yang sesuai.
        Buku ‘’Ayo Praktik PTK ‘’ini sangat sesuai dibaca oleh para pendidik untuk mengetahui per-
Kembangan siswa didiknya dan memperbaharui pola pemikiran mengajar tradisional  dan mau berpikir dinamis melakukan model atau pendekatan pembelajaran moderen seperti yang telah dijelaskan dalam buku tersebut.

oleh : Anny Setyowati, S. Pd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan bahasa yang santun! Terima kasih!